Persiapan Penelitian Tindakan

Persiapan Penelitian Tindakan

Persiapan Persiapan Penelitian TindakanPenelitian Tindakan

 

Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SDN Telaga Asih 06 Kecamatan Cikarang BaratKabupaten Bekasi Propinsi Jawa Barat pada tahun pelajaran 2013/2014. Alasan utama dari hasil pengamatan langsung dan informasi yang di terima, bahwa sebagian guru di sekolah binaan penulis tersebut belum memiliki pengetahuan yang cukup dan kesadaran yang baik dalam memahami dan melaksanakan pendidikan usaha kesehatan sekolah di SDN Telaga Asih 06, ini disebabkan guru belum mampu menyusun agenda dan jadwal kerja bhakti untuk program sekolah yang baik yang sesuai dengan keadaan dan kondisi sekolah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang diterima dan mengingat juga dengan tugas-tugas guru yang sangat banyak dan kompleks dan belum memiliki tenaga trampil yang serabutan untuk dapat membantu tugas guru dan kepala sekolah secara non akademis.

  1. Perencanaan Tindakan
  2. Jenis Tindakan nyatanya adalah melatih dan membimbing terhadap guru-guru juga kepala sekolah untuk menyelenggarakan program pendidikan usaha kesehatan di sekolahnya.
  3. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah :
  4. Mendiskusikan masalah atau hambatan dalam sarana dan prasarana gedung Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang baik dan memenuhi standar mutu kesehatan bagi guru dan siswa itu sendiri tentunya.
  5. Penyampaian informasi dari peneliti tentang cara penyusunan fasilitas kesehatan yang memenuhi standar mutu guna penanganan P3K sejak dini.
  6. Memberi contoh tata ruang serta pelestarian lingkungan demi menjaga kebersihan yang akan berdampak pada kenyamanan dan efektifitas kegiatan belajar mengajar di kelas.

Pelaksanaan penelitian menetapkan setting dua siklus, pada masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu: (1) perencanaan penelitian, (2) pelaksanaan penelitian, (3) observasi/ evaluasi, dan (4) refleksi.

Sumber : https://www.anythingbutipod.com/

About the author