Pengertian Makalah

Pengertian Makalah Serta Ciri, Jenis Dan Fungsinya

Pengertian Makalah Serta Ciri, Jenis Dan Fungsinya

Pengertian Makalah

Pengertian Makalah

Makalah adalah salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah dengan pembahasan permasalahan tertentu. pada umumnya pembuatan makalah bertujuan untuk memenuhi tugas tertentu seperti tugas akademik dan tugas non akademik.

Ciri-ciri Makalah

1. Akurat dan menyeluruh
Maksudnya disini adalah, makalah yang dibuat haruslah menyajikan fakta-fakta dan gagasan yang akurat, lengkap dan tuntas.

2. Memiliki sumber yang dapat dipercaya
Maksudnya disini adalah ciri yang paling penting dari setiap makalah, dimana makalah yang bagus mengakui sumbangan penulis lain yang karyanya tentang topik sejenis.

3. Seimbang
Makalah yang dibuat harus memiliki sudut pandang yang dibicarakan secara obyektif dan seimbang dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing.

5. Tertata dengan baik
Penulisan sebuah makalah harus tertata dengan baik dan rapi, memiliki tujuan yang jelas sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Jenis-Jenis Makalah
1. Makalah Deduktif
Makalah deduktif adalah makalah yang berdasarkan pada kajian teoritis dan relevan dengan permasalahan yang dibahas.

2. Makalah Induktif
Makalah ini merupakan suatu makalah yang ditulis berdasarkan data yang empiris dan bersifat objektif berdasar pada apa yang di peroleh dari lapangan.

3. Makalah Kajian
Makalah kajian adalah makalah yang biasanya digunakan sebagai sarana pemecahan suatu permasalan yang kontroversial.

4. Makalah Kerja
Makalah kerja merupakan makalah yang dibuat dari hasil penelitian, dan memungkinkan penulis untuk berargumentasi dari suatu permasalahan yang dibahas dan didapatkan dari proses penelitian tersebut.

Fungsi Makalah

Semua hal yang dibuat tentu memiliki fungsi yang baik dan bermanfaat bagi pembuatnya ataupun orang lain, seperti halnya makalah yang memiliki beberapa fungsi, berikut diantaranya.

1. Makalah dibuat untuk melatih penulis agar mampu menyusun karya ilmiah secara benar dan cermat, sehingga menjadi semakin menarik dan mudah untuk dicerna oleh pembacanya.

2. Memperluas wawasan dan pengetahuan bagi penulisnya.

3. Memberikan sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoris maupun konsep praktis.

4. Memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.

 

Sumber : https://ngelag.com/

About the author