PENGERTIAN CPU

PENGERTIAN CPU

PENGERTIAN CPU

Sebuah unit pusat pengolahan (CPU)

juga disebut sebagai unit prosesor sentral, adalah hardware dalam suatu sistem komputer atau smartphone yangmelaksanakan instruksi dari sebuah program komputer dengan melakukan aritmatikadasar, logis, dan input / output operasi dari sistem. Istilah telah digunakan dalam industri komputer setidaknya sejak awal 1960-an. Bentuk, desain, dan implementasidari CPU telah berubah selama sejarah mereka, tapi operasi fundamental mereka tetapsama.

Pada mesin besar, CPU memerlukan satu atau lebih papan sirkuit

 Pada komputerpribadi dan workstation kecil, CPU ditempatkan dalam sebuah chip silikon tunggal yang disebut mikroprosesor. Sejak 1970-an kelas mikroprosesor CPU telah hampir sepenuhnya diambil alih semua implementasi CPU lainnya. CPU modern besar sirkuit terpadu skala dalam paket biasanya kurang dari empat sentimeter persegi, denganratusan menghubungkan pin.

Dua komponen khas dari CPU adalah logika aritmatika unit (ALU), yang melakukanoperasi aritmatika dan logika, dan unit kontrol (CU), yang ekstrak instruksi darimemori dan decode dan mengeksekusi mereka, menyerukan ALU bila diperlukan.

Tidak semua sistem komputasi bergantung

pada satu unit pengolah pusat. Sebuahprosesor array atau vektor prosesor memiliki beberapa elemen komputasi paralel,dengan tidak ada satu unit dianggap sebagai “pusat”. Dalam model komputasiterdistribusi, masalah ini diselesaikan dengan satu set saling didistribusikan dariprosesor.

 

Adapun fungsi utama CPU adalah

melakukan berbagai operasi, termasuk operasi aritmatika dan logika terhadap data yang datang dari memori atau informasi yang dimasukkan melalui perangkat keras, seperti papan ketik (Keyboard), pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.

CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan.

Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.

Sumber : https://duniapendidikan.co.id/

About the author