Minat Siswa dengan Pramuka Minim

Minat Siswa dengan Pramuka Minim

Minat Siswa dengan Pramuka Minim

 Minat siswa di Kabupaten Bekasi untuk bergabung dengan gerakan Pramuka

dinilai masih sangat minim. Padahal, kegiatan pramuka bisa dijadikan sarana untuk membentuk pribadi siswa agar berani, mandiri dan berkarakter.

Selain itu, sesuai dengan kurikulum 2013 (K13) menjadikan pendidikan kepramukaan sebagai ekstra kurikuler wajib, mulai jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Pewajiban pendidikan kepramukaan menjadi ekstra kurikuler wajib ini sebenarnya bukanlah merupakan hal yang baru, karena sudah sejak lama pendidikan kepramukaan dijadikan kegiatan ekstra kurikuler wajib di sekolah, terutama Sekolah Dasar.

Hal ini diakui oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi,

Hudaya usai peringatan hari pramuka yang berlangsung di Bumi Perkemahan Karang Kitri Bojongmangu, Kecamatan Bojongmangu.

Hudaya berharap gerakan pramuka yang diterapkan di sekolah ini mampu mendidik generasi penerus bangsa, melalui kelompok-kelompok pramuka disekolah. Menurutnya,  minat siswa-siswi untuk mengikuti gerakan pramuka sudah sangat minim. Oleh karena itu, pihaknya mendesak sekolah untuk mewajibkan siswanya mengikuti kegiatan pramuka.“Kami berharap, di setiap sekolah mewajibkan siswanya mengikuti ekskul pramuka,”katanya.

Sementara itu, Hudaya mengatakan, dalam peringatan hari pramuka tingkat Kabupaten Bekasi,

Ketua Mabicab gerakan pramuka Neneng Hassanah Yasin, mengambil komando sebagai ketua upacara serta Jambore.

“Pesertanya berasal dari perwakilan masing-masing ranting di 23 kecamatan. Selain upacara dan jambore tingkat Kabupaten Bekasi, masing-masing ranting juga menggelar kegiatan serupa di tingkat kecamatan,” kata Hudaya disela-sela acara.

Ditempat yang sama, perwakilan peserta pada Jambore pramuka, Ilham, mengaku bangga atas terselenggaranya jambore setiap tahunnya. Dirinya berharap agar kegiatan serupa terus diadakan setiap tahunnya. Bahkan, kata Ilham, kalau bisa rutin beberapa kali dalam setahun.

 

Baca Juga :

About the author