Mengintip Kebiasaan Pengguna Tanda Tangan Digital di Indonesia

Mengintip Kebiasaan Pengguna Tanda Tangan Digital di Indonesia

Mengintip Kebiasaan Pengguna Tanda Tangan Digital di Indonesia

Pesatnya penggunaan tanda tangan digital di Indonesia untuk mendorong efisiensi bisnis

membuat jumlah pengguna tanda tangan digital kini tumbuh dengan cukup pesat.

Tak hanya perusahaan-perusahaan swasta yang bertransformasi menggunakan tanda tangan digital, pemerintah melalui Kominfo juga mulai gencar memberlakukan digitalisasi tanda tangan untuk perizinan di berbagai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).
Muat Lebih

Makin Mudah, Kirim DM Instagram Kini Bisa Lewat DesktopArti PO

Saat Belanja di Online ShopBeberapa Istilah Populer di WhatsApp yang Harus Kalian Tahu

Cepatnya pertumbuhan tanda tangan secara digital juga terlihat pada pesatnya pertumbuhan pengguna PrivyID, salah satu platform layanan penyedia tanda tangan berbasis digital di Indonesia yang dalam 6 bulan terakhir bertambah hampir dua kali lipat dari 1 juta ke 1,9 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Dari 1,9 juta pengguna tanda tangan digital PrivyID, sebagian besar masih tersebar di Pulau Jawa. Sebanyak 59 persen di antaranya berasal dari Jakarta – Bogor – Tangerang – Depok dan Bekasi. Sementara kalau dibedah dari profesinya, 70 persen dari 1,9 juta pengguna tanda tangan digital berprofesi karyawan swasta, dengan rentang usia 25-40 tahun.
Baca Juga : Apple Mulai Produksi Komponen Penting Untuk iPhone 11

Pengguna tanda tangan secara digital di Indonesia juga masih didominasi oleh laki-laki.

Sebanyak 62 persen dari 1,9 juta pengguna tanda tangan digital PrivyID adalah laki-laki, sementara 38% lainnya adalah perempuan.

Hadirnya platform tanda tangan secara digital seperti PrivyID dalam bentuk aplikasi mobile, sepertinya disukai oleh para pengguna. Dari 1,9 juta pengguna tanda tangan digital PrivyID, 63 persen terbiasa menandatangani dokumen lewat aplikasi smartphone. Sementara ada 37 persen yang masih lebih suka menandatangani via laptop atau komputer desktop.

Lalu berapa banyak dokumen yang ditandatangani secara digital? Dari data PrivyID, pada semester pertama 2018, jumlah dokumen yang ditandatangani secara digital lewat platform PrivyID tumbuh sangat cepat. Setiap bulan terdapat 110.669 dokumen yang ditandatangani secara digital lewat PrivyID.

 

Sumber :

https://obatsipilisampuh.id/astro-file-manager-apk/

About the author