Menciptakan Sekolah yang Nyaman untuk Siswa

Menciptakan Sekolah yang Nyaman untuk Siswa

Menciptakan Sekolah yang Nyaman untuk Siswa

 Sekolah adalah wadah untuk mengenyam pendidikan dimana ada guru dan siswa

yang saling berinteraksi dalam menggali pembelajaran. Paradigma masyarakat pada umumnya menganggap sekolah merupakan satu-satunya tempat bagi anak mereka mengenyam pendidikan, sehingga para orangtua menyerahkan sepenuhnya urusan pendidikan ke sekolah. Meskipun menurut Ki Hajar Dewantara, keluarga adalah tempat sebaik-sebaik individu untuk  melangsungkan pendidikan ke arah pembentukan pribadi yang utuh. Sayangnya orangtua sekarang masih banyak yang tidak menyadari peran mereka. Kendati demikian, kini guru bisa menciptakan sekolah yang membetahkan bagi siswa. Bagaimana bisa? Bukankah tidak sedikit siswa yang ingin pulang lebih awal ketika sedang melakukan kegiatan belajar, yang berarti siswa tidak betah berada di sekolah?

Tempat apapun yang tidak menyenangkan, tidak akan membuat si penghuninya

merasa betah. Begitu halnya dengan sekolah, tempat yang ada di pikiran pertama kalinya ketika seorang siswa terbangun dari tidurnya di pagi hari. Tempat yang diharapkan menjadi rumah kedua dengan orang tua yang menyenangkan. Orang tua yang dimaksud adalah guru. Guru yang tegas namun mempunyai sifat penyayang, ramah, menyukai siswa dan yang tak kalah pentingnya penampilan yang rapi, cantik / gagah dengan senyum yang menawan. Itulah layaknya orangtua yang membuat siswa menyukai gurunya. Siswa mana yang tidak nyaman dengan guru seperti itu?

Guru akan selalu dijumpai siswa setiap hari efektif belajar. Guru yang hebat bukan ia yang ditakuti siswa. Justru, guru hebat ialah guru yang tegas namun tidak menakutkan. Guru hebat ialah guru yang selalu ditanyakan ketika keberadaannya belum diketahui siswa. Guru hebat ialah guru yang selalu digapai tangannya untuk dijabat tangannya oleh siswa. Guru hebat ialah guru yang mampu memecahkan suasana menjadi riang. Guru hebat ialah guru yang sayang kepada siswa. Guru hebat ialah guru yang mampu tersenyum kepada semua siswa tanpa pilih kasih. Satu lagi, guru hebat ialah guru yang mempu menjaga penampilannya tetap rapi, cantik / gagah.

 Metode pembelajaran dan cara penyampaian guru dalam mengajar juga sangat

berpengaruh bagi siswa. Guru yang mampu menerapkan metode dengan baik akan mudah diserap oleh siswa dalam proses pembelajaran dan cara penyampaian yang efektif akan mempengaruhi daya tangkap siswa. Tentu dua hal itu harus disesuaikan dengan keadaan peserta didik.

Kemudian yang harus dipersiapkan guru untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang nyaman adalah susuana kelas. Dengan terciptanya suasana kelas yang nyaman yang meliputi kebersihan, kerapihan serta kondisi siswa dalam keadaan baik, maka akan menciptakan kondisi belajar yang membetahkan. Guru juga dapat memberikan pengarahan suasana kelas yang nyaman melalui leadership yaitu dengan membentuk sistem organisasi kelas. Memilih ketua kelas yang dapat mengayomi temannya sesama peserta didik akan mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif serta dapat menghindari penyimpangan dalam pembelajaran seperti bulying.

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/

About the author