Kenalkan Urban Farming ke Anak

Kenalkan Urban Farming ke Anak

Kenalkan Urban Farming ke Anak

BANDUNG – Taman Kanak kanak (TK) Krida Nusantara mengajak 36 anak asuhnya

untuk mengenal dunia pertanian secara langsung. Untuk memuluskan program itu Kepala TK Krida Nusantara, Elly H Yuliani merangkul Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bandung melaui UPT Pembibitan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (UPT Pembibitan TPHP).

“Adanya kegiatan pengenalan urban farming ini diharapkan anak-anak mendapatkan lebih dari satu aspek pemahaman. Dibandingkan di kelas, dengan terjun langsung ke lapangan anak-anak akan lebih mudah memahami prosesnya sehingga anak anak lebih mampu menghargai para petani dan peternak,” ujar Kepala TK Krida Nusantara, Elly H Yuliani.

Elly juga mengucapakan terima kasih pada Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bandung

karena telah mendukung Program PAUD Hiber (Holistik Integratif Berdimensi Sosial, Budaya dan Ekonomi) dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran bagi anak. Dimana TK Tunas Krida Nusantara yang berada di bawah kaki gunung Manglayang Desa Cipadung Kecamatan Cibiru masuk dalam 30 TK Percontohan dari 30 kecamatan se Kota Bandung

Program PAUD Hiber ini dirasakan Elly lebih banyak memacu sekolah TK untuk melaksanakan program pengajaran dalam berbagai aspek guna meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah termasuk di dalamnya aspek kesehatan, lingkungan, sosial dan ekonomi.

”Sebagai PAUD rujukan kita telah menjalankan program tersebut melalui hubungan kemitraan

dengan stakeholder yang ada dalam berbagai aspek. Dengan Rumah Sakit Hermina, Polsek Panyileukan, Tim Pengabdian FKG UNPAD, Lembaga Pers djatinangor.com dan yang masih hangat TK Krida kenalkan Urban Farming itu,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala UPT Pembibitan TPHP Ir. Siti Faridah R menyambut baik kegiatan yang dilakukan para guru TK tersebut. ”Dengan kehadiran TK Krida Nusantara di UPT Pembibitan TPHP, salah satu fungsinya sebagai sarana edukasi pertanian dan peternakan bagi masyarakat kota Bandung,” terang Siti.

Disebutkan dia di lokasi tersebut anak anak bisa bermain dan belajar untuk mengenal lingkungan alam, pertanian dan peternakan. “Sehingga diharapkan anak-anak sejak dini mempunyai perhatian terhadap lingkungan dan sayang kepada binatang ternak. Anak-anak juga menjadi tergugah untuk makan sayur, buah dan telur,” sambungnya.

Sementara menurut Muhammad Haekal, Peneliti Muda Pusat Studi Desentralisasi dan Pembangunan Partisipatif Universitas Padjadjaran/Pendamping PAUD Hiber untuk TK Tunas Krida Nusantara Unit Cibiru menyebutkan saat anak anak berkunjung ke lokasi Urban Farming cuaca memang sangat mendukung.

 

Sumber :

https://nashatakram.net/

About the author