Ini Tanggapan Ombudsman Soal Ucapan Rudiantara “Yang Gaji Ibu Siapa?”

Ini Tanggapan Ombudsman Soal Ucapan Rudiantara “Yang Gaji Ibu Siapa?”

Ini Tanggapan Ombudsman Soal Ucapan Rudiantara “Yang Gaji Ibu Siapa”

Ucapan “Yang Gaji Kamu Siapa” yang dilontarkan oleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam acara internal Kominfo 31/01 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (31/1/2019) tengah menjadi bahan perbincangan publik. Berdasarkan video yang beredar di dunia maya, dalam acara tersebut Rudiantara meminta tanggapan terkait stiker pemilu nomor satu dan dua dari para peserta yang mayoritas staff Kominfo.

Dalam sambutannya, Menkominfo meminta masukan kepada semua karyawan

tentang dua buah desain sosialisasi pemilu yang diusulkan akan dipasangkan di Gedung Kominfo. Desain merah diberi nomor satu, dan putih untuk nomor dua. Metode yang digunakan Rudiantara dalam meminta pendapat seperti gaya pengambilan suara.

Semua berlangsung dengan interaktif dan antusias sampai ketika seorang ASN diminta maju ke depan dan menggunakan kesempatan itu untuk mengasosiasikan dan bahkan dapat disebut sebagai mengampanyekan nomor urut pasangan tertentu. Salah seorang peserta yang merupakan staf Kominfo memilih nomor 2 yang menandakan pasangan nomor urut dua pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yakni Prabowo dan Sandiaga Uno.

Padahal pendapat mengenai stiker tersebut tidak ada kaitan nya dengan Pilpres 2019. Rudiantara hanya meminta pendapat berdasarkan desain dan warna stiker.

Namun staf Kominfo tersebut menjawab saya pilih berdasarkan hati nurani

. Terjadi kekeliruan pada staf Kominfo tersebut atas pertanyaan Rudiantara.

Ditegaskan Rudiantara dalam sambutannya bahwa ini tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2019 yang digelar April mendatang. Murni hanya menanyakan desain.

Dari situlah tercetus ucapan “Yang Gaji Ibu Siapa?”

“Yang Gaji Ibu Siapa ? Pemerintah kan ?,” ujar Rudiantara di acara tersebut dalam potongan video yang beredar di dunia maya.

Terkait hal ini, Rudiantara memberikan klarifikasi melalui keterangan tertulisnya

dan akun sosial medianya. Dalam keterangan resmi Kominfo yang diterima Selular.ID, Rudiantara sampai 4 kali menyebutkan bahwa ini tidak ada kaitannya dengan pilihan capres sebelum ASN dipanggil ke atas panggung.

Setelah itu, Menkominfo berusaha meluruskan permasalahan desain yang malah jadi ajang kampanye capres pilihan seorang ASN di depan publik. Terlihat bahwa ASN tersebut tidak berusaha menjawab pertanyaan, bahkan setelah pertanyaannya diajukan berulang kali oleh Menkominfo.

 

Sumber :

https://articles.abilogic.com/409865/games-nitro-nation-drag-drift.html

About the author