Definisi Akuntansi Dan Penjelasannya

Definisi Akuntansi Dan Penjelasannya

Definisi Akuntansi Dan Penjelasannya

Definisi Akuntansi

Definisi Akuntansi menurut Abdul Halim dalam bukunya yang berjudul Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah menjelaskan bahwa: “Akuntansi Adalah Sebuah kegiatan jasa, fungsinya adalah menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan, tentang entitas ekonomi yang dimagsudkan agar berguna dalam mengambil keputusan ekonomi dalam membuat pilihan-pilihan nalar di antara berbagai alternative arah tindakan. Akuntansi terdiri atas beberapa cabang, di antaranya akuntansi keuangan manajemen dan pemerintahan.”(2007:25).

Definisi akuntansi

Adapula definisi akuntansi menurut Revrisond Baswir (1997:4) dalam bukunya yang berjudul Akuntansi Pemerintahan Indonesia yang menerangkan bahwa: Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang berfungsi menyajikan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan, dari suatu lembaga atau perusahaan, yang diharapkan dapat digunakan sebagai dasar dalam mengambil keputusan-keputusan ekonomi diantara berbagai alternativ tindakan.

Fess dan Warren

Fess dan Warren (1990;7) menyatakan akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan mengkomunikasikan informasi ekonomi yang memungkinkan pengambilan keputusan oleh pengguna.
Menurut definisi tersebut jika disimpulkan akuntansi adalah alat informasi dalam proses pengendalian yang diharapkan dapat digunakna sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi.

About the author