CRIBS Seimbangkan Agama dan Sains

CRIBS Seimbangkan Agama dan Sains

CRIBS Seimbangkan Agama dan Sains

Sepanjang sejarah kehidupan umat manusia, hubungan sains dengan agama tak selalu harmonis

dan beriringan. Banyak orang menganggap sains dan agama adalah dua kutub yang saling bertentangan satu dengan lainnya. Namun, Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School (CRIBS), Bogor, Jawa Barat, justru menjadikan kekuatan sains dan agama sebagai core atau pusat dalam penguatan pendidikan akademis dan pendidikan karakter akhlak untuk siswa mereka.

”Pendidikan di sekolah kami seluruhnya core sains dan agama. Kita buat semacam balancing.

Selama ini orang beranggapan sains dan agama saling balapan. Kita bisa imbangkan. Agama perlu pengetahuan dan sains perlu agama,” ujar General Manager Cahaya Rancamaya Boarding School, Ari Rosandi.

Integrasi dua hal ini, diyakini mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademis, tapi juga memiliki karakter yang baik, sehingga mampu bersaing secara global. Salah satu upaya penguatan dua hal itu di sekolah yang telah berdiri lima tahun ini dilakukan dengan mengintegrasikan penguatan moral dalam setiap pembelajaran mata pelajaran di kelas.

”Penguatannya dilakukan dalam setiap pelajaran harus ada pesan moral. Jangan sampai anak-anak fokus

pada sains tanpa backgorund atau filter agama. Anak-anak harus dijelaskan ada campur tangan Tuhan dalam setiap kegiatan, sehingga mereka bisa tahu sains tidak berdiri sendiri,” jelasnya.

Ari menambahkan, pola pendidikan holistik dan integrasi ini memadukan akal dan kalbu. Jangan hanya akal, iman dan kalbu tertinggal, atau sebaliknya. “Ini yang menyebabkan banyak muncul paham berbahaya. Tanpa akal dan kalbu sulit untuk beriman,” pungkasnya

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/GT53M3Z

About the author